Praktekan Penyajian Teh Berikut Agar Rasa Maksimal

Teh memiliki beragam macam jenis penyajian. Tapi tahukah kamu bahwa ketika salah dalam penyajian akan mempengaruhi rasa? Berikut adalah cara penyajian teh yang benar agar mendapat rasa maksimal.

1. Perhatikan Takaran teh

Takaran membuat teh dengan teko yang berukuran sedang sebaiknya menggunakan dua kantong teh. Untuk teko kecil, cukup gunakan satu kantong teh. Sementara jika kamu menggunakan daun teh (teh tubruk) takar sekitar 1 sendok kecil untuk setiap cangkir. Cara lain yaitu dengan menggunakan timbangan sebanyak 2,5 hingga 2,7 gram teh per 220 ml air, tergantung jenis teh dan preferensi masing-masing.

2. Suhu air panas

Kamu harus memperhatikan suhu air ketika menyedu teh. Suhu air yang terlalu panas akan membuat daun teh cepat hancur dan airnya menjadi keruh. Sedangkan air yang tidak terlalu panas akan bisa membuat warna teh menyebar sempurna. Jadi sebaiknya didihkan air sesaat sebelum menyeduh. Untuk menyeduh teh hitam, gunakan air panas dengan suhu 100°C sedangkan untuk teh hijau adalah 74-85°C. 

3. Gunakan teko tanah liat atau keramik

Teko dari tanah liat atau keramik ternyata bisa membuat anda nikmat menyedu teh. Hal ini karena wanginya kan lebih awet. Sebelum tehnya diseduh, tuangi dulu bagian dalam teko dengan air panas agar teko menyerap panas. Setelah disiram, tambahkan beberapa sendok daun teh lalu tambahkan air panas. Diamkan selama 3-5 menit untuk teh hitam dan 2-3 menit untuk teh hijau. Khusus untuk teh celup, seduh selama 2-3 menit. Lalu segera angkat kantong teh dan ampasnya agar rasa teh tidak terlalu pekat dan pahit.

Itulah cara penyajian teh agar mendapatkan rasa yang nikmat maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejuta Manfaat Teh Daun Kelor

Maklon teh Celup Mesin Khusus Maklon Teh Celup Herbal